• Home
  • Politik
  • Rencana Mahasiswa Akan Gelar Aksi Didepan Mapolres Labuhanbatu

Rencana Mahasiswa Akan Gelar Aksi Didepan Mapolres Labuhanbatu

Administrator Sabtu, 05 Oktober 2019 16:13 WIB
17M
17Merdeka, Labuhanbatu-Sekitar ratusan massa yang tergabung dalam Kelompok Diskusi Mahasiswa dan Pemuda (KODI M/P) Labuhanbatu rencananya akan gelar aksi unjuk rasa pada hari Selasa tanggal 8 Oktober 2019 di depan Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Labuhanbatu. 

Unjuk rasa yang digelar tersebut untuk menyikapi tindakan Represif oleh pihak Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) terhadap Mahasiswa yang terjadi di depan Gedung DPRD Labuhanbatu saat Aksi unjuk rasa Mahasiswa dan Masyarakat, seorang Mahasiswa yang merupakan salah satu Koordinator Lapangan menjadi korban Amos Peblius Sihombing.

Dalam hal ini, menurut Agus Daulay, dari segenap mahasiswa dan pemuda Labuhanbatu, mengutuk keras tindakan refresif yang telah dilakukan oleh pihak aparat kepolisian kepada rekan juangnya Amos Sihombing.

Adapun tuntutan yang diberikan saat gelar aksi solidaritas di depan Mapolres Labuhanbatu, Agus memaparkan. Pihaknya meminta kepada pihak Kepolisian Resor Labuhanbatu agar tidak mengulangi tindakan refresif terhadap mahasiswa ketika menyampaikan aspirasi atau unjuk rasa di manapun dan kapan pun.

"UU no 9 tahun 1998 adalah dasar hukum kami untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Dalam dunia pergerakan mahasiswa, dorong-dorongan dengan pihak aparat keamanan adalah hal yang sudah lumrah disaat Melakukan aksi unjukrasa. Akan tetapi, dikalau dari pihak aparat melakukan pemukulan terhadap pengunjuk rasa, berarti pihak aparat mengkangkangi UU no 9 tahun 1998"terang Agus Daulay salah seorang Koordinator Lapangan pada Aksi Solidaritas yang bakal di gelar nantinya.

Sebelumnya diberitakan, Aksi unjuk rasa ratusan massa yang terdiri dari beberapa unsur organisasi Kemahasiswaan (GMNI, GMKI, HMI) dan unsur organisasi Kemahasiswaan lainnya di depan gedung DPRD Kabupaten Labuhanbatu menuntut janji konsistensi anggota DPRD Labuhanbatu menolak revisi hasil UU KPK, RKUHP, RUU Pertanahan dan beberapa rancangan undang-undang lainnya melalui pernyataan yang ditandatangani bersama. 

Ketua DPRD sementara Eko Apriyanto Hasibuan dan Wakil ketua sementara Abdul Karim Hasibuan beserta Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MH didampingi beberapa perwira Jajaran Polres membujuk massa untuk memberikan perwakilannya agar dapat berdiskusi. Namun, pihak Mahasiswa menolak ajakan hal tersebut. Dikarenakan, pihak Aksi demonstrasi meminta seluruh anggota DPRD agar turun untuk bersama-sama membahas di depan gedung DPRD Labuhanbatu.

Tak memiliki titik temu hasil mediasi di depan pintu gerbang gedung DPRD Labuhanbatu, Kapolres, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu, aksi unjuk rasa Mahasiswa dilanjutkan membakar ban dan keranda mayat yang dipersiapkan untuk melakukan aksi itu. Usai membakar ban dan keranda, massa yang tergabung dari beberapa organisasi Mahasiswa melakukan orasi kembali meminta untuk masuk ke halaman gedung DPRD Labuhanbatu, kemudian aksi dorong mendorong pun terjadi.

Pagar betis pengamanan yang tergabung dari Sat Pol PP dan personel Polres Labuhanbatu tidak tertembus oleh para pengunjuk rasa. Beralih ke pintu gerbang keluar gedung DPRD, merasa kesal tidak ditanggapi, massa mendobrak masuk dengan mendorong dan menendangi pintu gerbang keluar halaman gedung DPRD Labuhanbatu. 

Aksi kian memanas. Naas, dua orang Mahasiswa Universitas Labuhanbatu Amos Peblius Sihombing dan Bana Faqih ditarik paksa masuk ke halaman gedung DPRD Labuhanbatu oleh oknum pengamanan dari Polres Labuhanbatu tepat di depan pintu pagar gedung DPRD Labuhanbatu. Menurut informasi, Amos diduga dikeroyok dan dipukuli oleh beberapa petugas gabungan pengamanan unjuk rasa yang sampai saat ini di isukan oknum Sat Pol PP Pemkab Labuhanbatu.  

"Ditarik paksa Almamater ku sampai ke dalam. Ini luka apa ? Ku tanya dulu sama kalian. Bang ini adik mu. Adik mu dipukuli, aku minta viralkan bang."ucap Amos dengan nada keras dihadapan awak media sambil berjalan keluar dari halaman gedung DPRD Labuhanbatu.(17M.10)
T#g:Aksidemogelarmahasiswa
Komentar
Berita Terkini
Kamis, 23 Jan 2020 20:34

Polsek Patumbak Ringkus 2 Pemilik Sabu Paket Rp 50 Ribu

Kriminal & Hukum
Rabu, 22 Jan 2020 21:23

5 Kurir 56 Kg Sabu Divonis Mati

Kriminal & Hukum
Rabu, 22 Jan 2020 17:39

Polda Sumut dan Interpol Ringkus Buronan Warga Pakistan

Kriminal & Hukum
Selasa, 21 Jan 2020 22:05

Tersangka Curanmor Nyaris Tewas Dihakimi Massa

Kriminal & Hukum
Selasa, 21 Jan 2020 18:42

2 Eksekutor Hilangkan Barang Bukti Usai Habisi Jamaluddin

Kriminal & Hukum
Selasa, 21 Jan 2020 11:44

Kapus Desa Teluk "Digoyang" Isu Dugaan Pungli Dana BOK

Kriminal & Hukum
Hari ini: 108.670
Kemarin: 423.816
Bulan Ini: 158.187
Total pengunjung: 1.816.287.300.084
Hits hari ini: 157.252
Total Hits: 11.285.173.866.816
Pengunjung Online: 171