Erupsi Sinabung, Polres Tanah Karo Turun ke Lokasi Bencana

Administrator Senin, 19 Februari 2018 18:04 WIB
17merdeka
Foto : Situasi Daerah Tanah Karo saat Erupsi gunung Sinabung

17MERDEKA, KARO - Erupsi gunung Sinabung di Kab. Karo dengan jarak luncur diperkirakan sejauh 8 km yang terjadi, Senin (19/2) pagi sekitar pukul 08.56 WIB, direspon cepat personil Polres Tanah Karo dipimpin Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu menerjunkan tim ke lapangan.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, Senin (19/2) berkaitan bencana erupsi tersebut menyampaikan kepada wartawan, personel Polres Tanah Karo yang diturunkan itu bertujuan untuk meninjau kemungkinan adanya warga yang harus dievakuasi serta membagikan masker kepada masyarakat.

Rina menyebutkan,  berdasarkan Info yang didapat dari petugas PVMBG pos pantau gunung Sinabung, Umar Rosadi, sekitar pukul 08:54 WIB Terjadi letusa. awan panas dari gunung sinabung  dengan tinggi kolom 5000 m amp 120 mm dan lama gempa 607 detik, Jarak luncur sektoral selatan - tenggara 4900 meter dan sektoral tenggara - timur 3500 meter, Angin lemah ke barat - Selatan.

Selain itu dikatakan Rina, Data resmi yang diperoleh dari pihak KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, di hari yang sama sekitar pukul 12:00 WIB juga tetpantau letusan dengan tinggi 5000 m. Awan panas letusan dengan jarak luncur 4900 m tersrbut mengarah ke selatan. Teramati gugur dengan jarak luncur 1000 -  1500 m mengarah ke tenggara dengan Visual tertutup abu.

Menurut Rina,  berdasarkan data tersebut Letusan yang terjadi merupakan yang terbesar pada tahun 2018 bahkan selama aktifitas erupsi gunung Sinabung terjadi. Sejumlah lokasi turut terkena dampak dari erupsi gunung Sinabung.

Beberapa wilayah yang terdampak dari erupsi yang terjadi diantaranya, 
I. Wilayah terdampak abu vulkanik :
1. Kec. Simpang empat :
Des Gamber
Desa Jeraya
Desa pintu besi
Desa Berastepu
Des Tigapancur

2. Kec. Naman Teran :
Desa Kuta tonggal
Desa naman
Des sukadebi
Desa suka Tepu
Desa ndeskati
Desa Gung Pinto
Desa kutambelin
Desa Sigarang2
Desa Sukanalu

3. Seluruh Desa di Kec. Payung
4. Seluruh Desa di Kec. Tiganderket
5. Seluruh Desa diKec. Kutabuluh
6. Kec. Munte :
Desa Kineppen
Desa Bandar Meriah
Desa Sukarame
Desa Kutagerat(Sebagian)
Desa Barung Kersap (sebagian)
Desa Buluhnaman
Desa Munte
Desa Tanjung Beringin
Desa Selakkar

7. Kec. Tigabinanga :
Desa Limang
Desa Perbesi
Desa Pertumbuken
Desa bunga baru
Desa Kuta raya
Desa Kuta galoh.
- Kelurahan Tigabinanga dan sekitarnya

8. Kec. Juhar 
Desa Pernantin
Desa Kuta Gugung
Desa Suka Babo
Desa Batu Mamak 
Desa Desa Nageri.

II. ketebalan abu di jalan mencapai 5 cm dan jarak pandang ke depan lebih kurang 2 meter.

Dari erupsi yang terjadi pihak kepolisian mencatat, 
1. Akibat erupsi gunung Sinabung yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Februari 2018 pukul 08.54 wib, belum ditemukan korban jiwa.
2. Aktifitas masyarakat sebahagian dihentikan disebabkan tebalnya hujan debu vulkanik dan giat berlajar murid sekolah dihentikan.

Tindakan Kepolisian yang telah dilakukan :
1. Polres Tanah Karo di bawah pimpinan Kapolres Tanah Karo AKBP BENNY R.HUTAJULU S.I.K langsung menuju ke lokasi untuk mengevakuasi masyarakat yg terdampak erupsi. 
2. Polres Tanah Karo beserta Polsek Simpang Empat dan Polsek Payung melakukan Patroli ke Desa-desa utk menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati - hati terkait  erupsi gunung sinabung yg akan terjadi sewaktu-waktu sekaligus memberikan masker kepada masyarakat. 
3. Polres Tanah Karo mengarahkan mobil ambulance, AWC Watercanon dan truk dalmas ke daerah yg terdampak untuk mengevakuasi masyarakat dan menyiram sarana dan prasarana jalan yg terkena dampak.

"Saat ini situasi di wilayah hukum Polres Tanah Karo masih aman dan kondusif," pungkas Kabid Humas Polda Sumut,  Kombes Pol Rina Sari Ginting. (17M.02) 

T#g:
Komentar
Berita Terkini
Hari ini: 0
Kemarin: 97.224
Bulan Ini: 88.077
Total pengunjung: 3.062.346.823.689
Hits hari ini: 4.702
Total Hits: 22.286.863.317.063
Pengunjung Online: 155