Perlunya Komitmen Untuk Sekolah Ramah Anak

Administrator Jumat, 08 November 2019 12:49 WIB
17merdeka.com

17MERDEKA, LABUHANBATU - Kegiatan belajar sehari di luar kelas sangatlah berpengaruh untuk mencapai kriteria sekolah ramah anak. Menurut Mariati, pada saat ini masih ada di lingkungan satuan pendidikan yang membahayakan pada anak. Hal tersebut seperti makanan yang tidak sehat, asap rokok, Napzah, bencana dan tindakan kekerasan terhadap anak. 

"Perlu diambil langkah dan tindakan untuk menghindarinya, diantaranya melalui Sehari belajar di luar kelas yang menurut penilaian kita sangat berpengaruh untuk mencapai Sekolah Ramah Anak (SRA). Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di setiap sekolah se-Indonesia. Di Kabupaten Labuhanbatu ada 16 sekolah yang ikut serta berpartisipasi."ucap Mariati ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya. Jumat (8/11/2019) pagi.

Mariati menjelaskan, penyelenggaraan belajar diluar kelas dilaksanakan memang belum 100 persen diseluruh sekolah di Kabupaten Labuhanbatu. 

"Belum keseluruhan. Seperti tadi yang saya katakan, diawali dengan 16 sekolah sebagai wujud langkah pertama kita paparkan ke masyarakat. Namun, kegiatan belajar diluar sekolah akan tetap dilaksanakan secara rutin nantinya dan dibawah koordinir Dinas PP-PA," katanya.

Lebih jauh, Mariati menjelaskan. Mewujudkan sekolah ramah anak ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi setiap sekolah. "Sekolah merupakan lembaga penyelenggara pendidikan bagi anak. 

Untuk itu, sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah bersih, aman, indah, inklusif, asri dan nyaman (Bariisan).

"Kebijakan SRA (komitment tertulis, SK Tim SRA, program yang mendukung SRA), Pelaksanaan proses belajar yang ramah anak (Penerapan Disiplin Positif), Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terlatih Hak-hak Anak dan SRA, Sarana dan Prasarana yang ramah anak (tidak membahayakan anak), mencegah anak agar tidak celaka), Partisipasi anak, Partisipasi Orang Tua, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Stakeholder lainnya, dan Alumni."sebutnya.

Tujuan dari SRA (sekolah ramah anak), sambung Mariati yakni, mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya, mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat, mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam, mencegah anak menjadi perokok dan pengguna napza, menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab dan berkualitas.

Selain itu, memudahkan pemantauan kondisi anak selama anak berada di sekolah, memudahkan mencapai tujuan pendidikan, menciptakan lingkungan yang hijau dan tertata, ciri khusus anak menjadi lebih betah di sekolah, anak terbiasa dengan pembiasaan- pembiasaan yang positif.

"Untuk menerapkan sekolah ramah anak, perlu ada persiapan secara berkomitmen. Seperti, sekolah sosialisasi konsultasi dengan anak, melaporkan ke Dinas PP PA dan Dinas Pendisikan/Kanwil (Kantor Wilayah) Kementerian agama, identifikasi potensi, dan konsultasi dengan anak."paparnya.

Pada tahap perencanaan, Mariati menyebutkan arahan dari program pemerintah. Yakni, perlu menyusun program tahunan. Merencanakan kesinambungan kebijakan, program dan kegiatan yang sudah ada (inovasi), UKS, Adiwiyata dan lain-lain serta program lainnya. Kemudian membuat mekanisme pegaduan.

"Setelah terprogram, pelaksanaan rencana aksi/program sekolah ramah anak tahunan denganengoptimalkan semua sumber daya termasuk dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, alumni dan stakeholder lainnya. Kategori tertinggi untuk sekolah ramah anak pada point' 5 (lima)," tutup Mariati. (17M.10)

T#g:
Komentar
Berita Terkini
Bpd labuhanbatu
Minggu, 17 Nov 2019 12:42

Warga Tolak Jenazah Pelaku Bom Bunuh Diri Dimakamkan

Sekitar Kita
Pelantikan-bupati-asahan
Sabtu, 16 Nov 2019 21:50

Oknum Guru di Karo Cabuli 9 Siswa Ditangkap

Kriminal & Hukum
Jumat, 15 Nov 2019 23:35

9 Orang Berpotensi Tersangka Bom Bunuh Diri di Medan

Kriminal & Hukum
Jumat, 15 Nov 2019 21:36

Pengprov Wadokai Sumut Resmi Dilantik

Olahraga
Jumat, 15 Nov 2019 21:31

Maling Betor di Pajak Delitua Dihajar Massa

Kriminal & Hukum
Jumat, 15 Nov 2019 21:21

Polsek Medan Kota Tangkap Maling Motor di Kosan

Kriminal & Hukum
Hari ini: 231.040
Kemarin: 384.504
Bulan Ini: 124.054
Total pengunjung: 1.540.505.768.534
Hits hari ini: 204.883
Total Hits: 9.297.650.064.589
Pengunjung Online: 164