Bahas Corona, Bupati Asahan Video Conference dengan Gubsu

Administrator Rabu, 25 Maret 2020 21:28 WIB
17merdeka.com

17MERDEKA, ASAHAN - Membahas virus Corona atau Covid-19, Bupati Asahan, H. Surya BSc melakukan video conference dengan Gubernur Sumatera Utara, Eddy Rahmayadi, Rabu (25/3/2020).

Dalam Video Conference tersebut, tampak terlihat Sekdakab Asahan,Taufik Zainal Abidin S. Sos,Plt Kadis Kesehatan,Jhon Hardi Nasution dan Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar S.Sos, dalam video conference yang berlangsung, dilaporkan kondisi Asahan, baik tentang penanganan virus Covid-19 dan orang yang masuk dalam pemantauan. 

Dalam laporannya melalui video conference tersebut, Bupati mengatakan sudah tercatat ada 142 orang dalam status ODP (Orang Dalam Pemantauan). Dari  jumlah tersebut terdapat 136 warga yang sehat dalam pemantauan karena baru pulang dari daerah terjangkit Covid-19.

Sedangkan, 6 orang sakit dalam pemantauan masih menjalani isolasi mandiri. 

"Meskipun begitu, kondisi Kabupaten Asahan secara umum sampai saat ini masih terkendali stabil dan nihil terjangkit virus Covid-19 tersebut karena masih dalam keadaan aman dan kondusif," kata bupati pada Video Conference itu di Ruang Command Center Kantor Bupati.

Kemudian bupati menjelaskan, Pemkab Asahan juga melakukan pemantauan secara ketat melalui Dinas Kesehatan dan petugas gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Katanya, Satgas percepatan penanganan Covid-19, terus memantau perkembangan warga ODP maupun PDP serta memberikan pelayanan bagi warga masyarakat yang ada keluhan dilakukan pemeriksaan, baik di tingkat pusksemas maupun rumah sakit.

"Meskipun Kabupaten Asahan masih dalam keadaan stabil, tetapi upaya pemantauan terus dilakukan. Kegiatan pencegahan terus dilakukan pemerintah bersama dengan TNI, Polri, MUI, FKUB, IMTAQ, dan masyarakat," ujarnya. 

Dijelaskannya, bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan sudah melakukan beberapa usaha preventif dalam menghadapi bencana nasional Covid-19 itu. Di antaranya melaksanakan penyemprotan disinfektan di setiap kantor pelayanan umum dan pemerintah, rumah ibadah dan sekolah-sekolah yang ada.

Selain itu, katanya, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pihak rumah sakit dan puskesmas melakukan pendataan secara riil. Yaitu, tentang warga yang baru datang dari luar negeri atau dari daerah yang terjangkit Covid-19.

Pemkab Asahan, tambahnya, juga melakukan pemantauan secara ketat melalui Dinas Kesehatan dan petugas gugus tugas. Itu dilakukan untuk percepatan penanganan virus Covid-19 di Kabupaten Asahan. 

Himbauan juga telah dilakukan melalui surat edaran, baleho, dan spanduk. Baik dilakukan secara door to door maupun secara berkala RSPD agar tetap waspada dan menjaga ketenangan atas penyebaran virus berbahaya itu. 

Di tengah merebaknya virus Corona, Pemkab Asahan meminta kepada seluruh warga Asahan, untuk cepat dan tanggap, serta menerapkan pola hidup sehat dan terus memantau serta memeriksakan diri maupun keluarga, jika mendapat kecurigaan yang mengarah pada indikasi penularan virus Corona. (17M.15)

T#g:
Komentar
Berita Terkini
Hari ini: 0
Kemarin: 720.024
Bulan Ini: 205.467
Total pengunjung: 2.093.749.266.912
Hits hari ini: 16.060
Total Hits: 13.218.512.301.348
Pengunjung Online: 181